Warna Hidup

Hitam putih tetap bagian dari beberapa warna dan aku menyukainya,,namun untuk saat ini mungkin lebih tepat aku memilih untuk warna yang lebih cerah.Hijau seperti warna alam,,biru bak lautan,,ataupun sinar kuning keemasan layaknya mentari yang bersinar itu hanya sebagian gambaran kiasan dari warna kehidupanku saat ini.

Banyak perubahan yang aku alami,,mengalir begitu saja dan semuanya menyenangkan.Dari mulai bertambah 2 ponakan yang super lucu,,dapat sesuatu(barang)yang udh diidamkan dengan diberi kemudahan,,orang tua diberi kesehatan,,mencoba keluar dari zona nyaman,,dan berusaha lebih mendekatkan diri dengan-Nya.

Bukan mau takabur,,hanya ingin mensyukurinya saja.Bahwa yang sudah diberi-Nya memang tak pernah terbatas.

Aku minta 1 Engkau beri 2,,aku minta sedikit Kau beri lebih,,Alhamdulillah ya Allah untuk semuanya.

=====================================================

(Januari,februari,maret,dan bulan2 berikutnya tanpa batas semoga semuanya jauh lebih baik Β πŸ™‚ )

-2012-

Iklan

Cinta itu…

Mbak, di restoran ini bisa pesen tempat gak? | oh bisa mas |
yaudah saya pesen tempat di hati mbak yaa.

Neng, boleh nanya gak?|Nggak|Kalo minta senyumnya boleh dong?

Temenin aku ke rumah sakit yuk,hati aku ilang nih.|Kok bisa?|Diambil kamu.
(via @Anjinggombal)

#eaaaaaa...maap-maap malah ngelantur *plak*seriuss...!!

Apa itu Cinta..??Nah lhooo…ini kudu rada galau dikit *siap2 setel musik mellow*( pasang muka serius rada sendu)

Bukannya tumben-tumbenan lho inii yaa,emang lagi pengen ikutan aja ngeramein acaranya mb Zoothera ,,hehe…

Cinta itu berbagai cara,tak banyak kata,namun satu rasa.Cinta tak pernah tau kapan rasa itu muncul,dimanapun,kapanpun,dan dengan siapapun tanpa mampu memilih dan tak membedakan.Ketika cinta dirasa dan telah menentukan kepada siapa rasa itu tertambat semua bukanlah semata karena kebetulan,namun memang diatur oleh-Nya.Cinta itu cerita rahasia,unik,menyenangkan,menegangkan namun juga mampu menyakitkan.Intinya cinta itu sebuah anugerah dan mencintailah namun tak melebihi cintamu pada-Nya.

Waduhh..kudu pake kriteria calon suami juga nihh,pengennya siih yang tampan kayak brad pit,yang kaya raya kayak raja minyak,yang bisa terbang kayak superman,yang kuat kyak iron man aduh..duh kayaknya ketinggian deh *tepokjidat*.Kagak muluk-muluklah untuk kriteria calon suami,ku ingin engkau yang seiman yang bisa menjadi imam yang baik&benar untukku dan untuk anak-anakku kelak,bsa menjaga pandangannya,mampu dipegang tutur kata dan kejujurannya,tidak berpoligami bisa mengingatkan dan selalu menuntunku di jalan-Nya,menerima kekurangan dan kelebihanku,dan bisa jadi partner sekaligus sahabat yang menemaniku,satu lagi selalu bisa membuatku tersenyum.Amiiiin…klo untuk versi singkatnya(wejangan dri mamahnya sohibku) klo cari calon suami itu cukup 3T : Taqwa,Tampan dan Tajir.Seeph….dah komplit nihh.Tinggal nunggu lamarannya..upsttt..hahahaa

Untuk saat ini belum kutemukan seseorang itu,namun aku yakin Allah akan mengirim seseorang yang terbaik menurut-Nya karena Allah tau kapan waktu yang tepat seseorang siap dipertemukan dengan jodohnya,Amin ya Robbal Alamin.. πŸ™‚

================================================

Buat mb Zoothera atau Anies Anggara dan suami yg lagi merayakan 5th Anniversary,semoga selalu diberkahi,jadi keluarga yang sakkinah,mawwadah,warrahmah,rukun,bahagia sampai kakek nenek hanya ajal yang mampu memisahkan dan cepet dapet momongan,Amin ya Robb πŸ™‚

β€œTulisan ini saya ikutsertakan di acara 5th Anniversary Giveaway: Ce.I.eN.Te.A yang diselenggarakan oleh zootheraβ€œ

Berbagi Mimpi

Jangan pernah takut untuk bermimpi atau Bermimpilah setinggi-tingginya” pasti udah gak asing kata-kata itu ditelinga kita,aku pikir memang benar,bahwa tidak ada salahnya untuk bermimpi karena dengan bermimpi ada spirit tersendiri atau semacam penyemangat untuk kita berbuat lebih baik.Memang kadang mimpi-mimpi yang terlalu tinggi malah bikin orang lain sering mengejek atau bahkan merendahkan.Banyak tokoh-tokoh besar,ilmuwan,ataupun orang-orang yang sukses selalu berasal dari mimpi-mimpi yang terlalu berlebih dan karena olok-olok”an dari orang justru itu membuat mereka lebih terpacu untuk maju.

Setelah kita punya mimpi yang besar jangan lupa juga untuk merealisasikannya.Gak cukup juga kalee kalau cuman bermimpi,jangan sampai mimpi kita yang udah kita punya cuman akan menguap atau hanya jadi isapan jempol.Yakin deh untuk mimpi besar,usaha yang diperlukan juga harus besar,pasti akan banyak halang rintang yang menghadang.Tapi jangan kwatir kalo menurutku justru itu seninya.Untuk hasil yang maksimal memang kudu dan wajib tuh harus melalui proses yang panjang atau bisa dibilang semakin sulit prosesnya semakin baik hasilnya.Ohya…denger-denger semakin kita sering mengucapkan atau berharap tentang suatu hal maka semakin dekat pula hal tersebut bakal terwujud.Jadi inget kutipan di buku The Alchemist(Paulo Coelho) :

” When you want something, all the universe conspires to help you archieve it

Berhubung karena itu aku juga pengen sedikit share tentang beberapa mimpiku.Sebenernya rada malu juga buat ditulisin,tapi biarian aja dahh toh ini juga blog pribadi,syukur-syukur dibaca orang dan bisa memotivasi,kalopun orang kagak mau baca juga no problem,hehe..

Holiday in Japan

Entah angin apa yang bikin aku ngidam banget buat ke negeri sakura ini,mungkin karena denger cerita-cerita orang tentang Jepang,tentang kebudayaannya,kedisiplinannya,orang-orangnya yang pantang menyerah,kebersihan kotanya,dan paling pengeeen itu sebenernya liat festival musim gugur disana,pasti indah bangettpppp

Pengen Jadi Penulis

Banyak orang yang menyepelekan profesi sebagai penulis,padahal justru sebaliknya menurut aku menjadi penulis itu susah-susah gampang,kalau sekedar menulis mungkin setiap orang bisa tapi untuk menulis sesuatu yang menarik itu yang rada sulit,butuh latihan dan pengetahuan yang luas.Dan penghasilannya pun juga gak kalah dengan pegawai,bahkan bisa lebih,kita liat aja Andrea Hirata penulis buku Laskar pelangi,Habbiburahman El Shirazy penulis Ayat-Ayat Cinta,itu cuman contoh aja dari beberapa penulis yang sukses bahkan banyak film yang diadaptasi dari sebuah novel.Kalau aku sendiri mungkin masih sebatas coret-coretan aja,pengen banget suatu saat nanti aku bisa nerbitin buku,kagak muluk-muluk dah gak perlu jadi best seller cuman pengen nulis sebuah buku yang bisa bermanfaat dan dibaca sampai ke anak cucuppp

OK,cukup untuk impiannya sekarang tinggal usaha dan berdo”a,untuk hasilnya serahin sama Allah SWTT toh walaupun memang gak sesuai harapan tapi yang penting udah usaha,Manusia berencana Allah SWT yang menentukan kan gak ada hal yang sia-sia.I think nothing is impossible.Semoga Allah mengabulkan,Amin Ya Robbal Allamin…

Pokoknya semangattttt…!!!

ppp

nb : niatan awal pengen ikutan nulis untuk beranibermimpi #1000burungkertas (komunitas canting) tapi berhubung udah telat yaa kgak apalah,smoga tulisannya bisa bermanfaat πŸ˜€

ppp

Belajar Ikhlas

IKHLAS sebuah kata yang kadang orang tak mampu untuk mengartikannya,entah karena belum bisa untuk menjangkau atau binggung apa yang terfikir ketika mendengar kata itu.Begitupun aku sendiri masih bertanya tantang apa itu IKHLAS dan ternyata setelah cari info kesana-kemari didapat bahwa setiap orang punya pemikiran tersendiri tentang apa itu IKHLAS.

Ini pendapat dari beberapa sahabatku,menurut :

Si A : Ikhlas itu Rela

Si B : Ikhlas itu wujud rasa syukur,syukur dalam artian sesuatu yang bukan milik kita lagi,dan pasti akan diganti lebih baik sama Allah

Si C : Ikhlas itu rela melepaskan sesuatu karena Allah

Si D : Ikhlas itu rela,tulus tanpa mengharap imbalan apapun

Si E : Ikhlas itu bisa menghadapi kenyataan yang ada dengan tegar,intinya semangat terus gak putus asaan

Si F : Ikhlas itu sabar dan terus belajar serta banyak berdzikir dan akan ada perubahan dari hati kita

Si G : Ikhlas itu sesuatu yang sulit,sukar,susah

Si H : Ikhlas itu mensyukuri segala kekurangan

Si I : Ikhlas itu sikap dimana kita bisa menerima apapun yang terjadi,yang hilang dan yang datang ,yang mana sesuatu hal itu adalah sesuatu yang tidak kita harapkan sesuai rencana hati dan pikiran,intinya sikap menerima dan tidak mempermasalahkan lagi

Si J : Ikhlas itu perasaan tulus untuk menerima suatu keadaan atau apapun

Si K : Ikhlas itu tidak mengingat-ingat dan tidak menyesal

Si L : Ikhlas itu sungguh-sungguh(tenanan kalau orang Jawa bilang)

Si M : Ikhlas itu seperti ketika kita melakukan sesuatu tanpa memikirkan kata itu

Si N : Ikhlas itu roh dari kata memaafkan

Si O : Ikhlas itu 1/0 = ~ (satu atau nol sama dengan tak terhingga)

Si P : Ikhlas itu belum cukup ilmu untuk mengartikannya

Si Q : Ikhlas itu semeleh

Si R : Ikhlas itu suatu kondisi dimana kita bisa menerima apa yang terjadi dengan bersyukur dan tanpa mengeluh

Si S : Ikhlas itu Kosong…………..Lost!!!!

Si T : Ikhlas itu tidak butuh pengakuan,tidak butuh pamrih apapun.Memunggungi dunia dan hanya demi “srawung” dengan-Nya saja

Si U : Ikhlas itu sebagian rahasia Allah, atau merelakan sesuatu yang sangat berarti

Si V : Ikhlas itu sikap memberi/menerima dengan lapang dada

klo menurut aku sendiri Ikhlas itu dari hati,dan hanya Allah yang tau dalamnya hati seseorang

Kata-kata Penguat

# Jadikanlah setiap masalah dan cobaan yang diberikan Tuhan sebagai pembelajaran dalam tiap langkah hidup,agar semakin kuat dan mampu bertahan untuk berjalan ke depan.

# Siapapun dia,jika memang jodohku,pertemukan kami dalam situasi yang tepat,disaat kami tidak ada yang memiliki dan satukan kami dalam jalinan pernikahan yang dipenuhi dengan cinta kasih yang suci,dan tidak ada hati yang tersakiti diantara kita.

# Tuhan memberikan ujian pada hambanya tentang apa yang belum dimengerti agar itu bisa dijadikan pengalaman dan bekal suatu saat nanti

# Kelebihan dan kekurangan itu mutlak,tidak ada yang sempurna,maka janganlah mencari sosok yang sempurna karena hanya akan sia-sia

# Dengan segala perbedaan yang berlaku bukanlah menjadi suatu halangan,namun justru semakin menguatkan

# Memahami setiap perbedaan dan berdamai dengan keadaan,itu yang hrs dilakukan sesungguhnya

# Lakukan apapun dengan sebuah keyakinan dan niat baik,maka semuanya akan berjalan dengan sendiri

# Belajar dari masalalu sangat bermanfaat untuk keberhasilan dimasa depan

#Jujur pada diri sendiri dan belajar bersikap mengajarkan kita menuju kedewasaan

#Memperjuangkan apa yang memang pantas untuk diperjuangkan,dan berusaha semaksimal mungkin,namun jangan pernah memaksakan karena dalam hal apapun segala sesuatu yang dipaksakan tidak akan baik hasilnya

#Belajar Ikhlas,tanpa melupakan,namun cukup untuk pembelajaran dan yakin bahwa di depan jauh lebih baik

#Jika mencintaimu itu menyakitkan,aku memilih untuk tidak melakukannya,karena aku ingin mencintai namun tidak menyakitkan

#Ketika kita sudah terpojok di satu masalah dan sepertinya sudah tidak ada jalan,janganlah menyerah cobalah untuk bernegosiasi dengan Tuhan,pasti Tuhan akan berada di pihak kita

#Tuhan tau kapan waktu yang tepat seseorang siap dipertemukan dengan jodohnya

#Hidup terasa lebih berarti bila kehadiran kita bisa bermanfaat untuk orang lain

#Membiasakan diri untuk tidak terlalu berharap dalam hal apapun,karna kadang harapan yang terlalu berlebih justru malah mengecewakan

#Biarkan orang lain dengan hidupnya,karena seseorang punya jalan dan cara tersendiri untuk mengatur hidupnya

Sayangilah Apa Adanya

*SEBUAH KISAH IRONIS DI IRLANDIA UTARA YANG TELAH DITERJEMAHKAN KE DALAM BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHAN RENUNGAN.
Oh, Tuhan, ijinkan aku menceritakan hal ini…, sebelum ajal menjemputku. ..

20 tahun yang lalu saya melahirkan seorang anak laki-laki, wajahnya lumayan tampan namun terlihat agak bodoh… Sam, suamiku, memberinya nama Eric. Semakin lama semakin nampak jelas bahwa anak ini memang agak terbelakang. Saya berniat memberikannya kepada orang lain saja untuk dijadikan budak atau pelayan. Namun Sam mencegah niat buruk itu. Akhirnya terpaksa saya membesarkannya juga. Ditahun kedua setelah Eric dilahirkan sayapun melahirkan kembali seorang anak perempuan yang cantik mungil. Saya menamainya Angelica. Saya sangat menyayangi Angelica, demikian juga Sam. Seringkali kami mengajaknya pergi ke taman hiburan dan membelikannya pakaian anak-anak yang indah-indah. ..

Namun tidak demikian halnya dengan Eric. Ia hanya memiliki beberapa stel pakaian butut. Sam berniat membelikannya, namun saya selalu melarangnya dengan dalih penghematan uang keluarga. Sam selalu menuruti perkataan saya. Saat usia Angelica 2 tahun Sam meninggal dunia. Eric sudah berumur 4 tahun kala itu. Keluarga kami menjadi semakin miskin dengan hutang yang semakin menumpuk.

Akhirnya saya mengambil tindakan yang akan membuat saya menyesal seumur hidup. Saya pergi meninggalkan kampung kelahiran saya beserta Angelica, Eric yang sedang tertidur lelap saya tinggalkan begitu saja. Kemudian saya tinggal di sebuah gubuk setelah rumah kami laku terjual untuk membayar hutang. Setahun…, 2 tahun…, 5 tahun…, 10 tahun… telah berlalu sejak kejadian itu. Saya telah menikah kembali dengan Brad, seorang pria dewasa. Usia Pernikahan kami telah menginjak tahun kelima. Berkat Brad, sifat-sifat buruk saya yang semula pemarah, egois, dan tinggi hati, berubah sedikit demi sedikit menjadi lebih sabar dan penyayang. Angelica telah berumur 12 tahun dan kami menyekolahkan dia di asrama putri sekolah perawatan. Tidak ada lagi yang ingat tentang Eric dan tidak ada lagi yang mengingatnya.

Sampai suatu malam… Malam dimana saya bermimpi tentang seorang anak… Wajahnya agak tampan namun tampak pucat sekali… Ia melihat ke arah saya. Sambil tersenyum ia berkata, “Tante, Tante kenal mama saya? Saya lindu cekali pada mommy!” Setelah berkata demikian ia mulai beranjak pergi, namun saya menahannya, “Tunggu…, sepertinya saya mengenalmu. Siapa namamu anak manis?” “Nama saya Elic, Tante.” “Eric…? Eric… Ya Tuhan! Kau benar-benar Eric???” Saya langsung tersentak dan bangun. Rasa bersalah, sesal dan berbagai perasaan aneh lainnya menerpa diri saya saat itu juga.

Tiba-tiba terlintas kembali kisah ironis yang terjadi dulu seperti sebuah film yang diputar dikepala saya. Baru sekarang saya menyadari betapa jahatnya perbuatan saya dulu. Rasanya seperti mau mati saja saat itu. Ya, saya harus mati…, mati…, mati… Ketika tinggal se-inchi jarak pisau yang akan saya goreskan ke pergelangan tangan, tiba-tiba bayangan Eric melintas kembali di pikiran saya. Ya Eric, mommy akan menjemputmu Eric…

Sore itu saya memarkir mobil Civic biru saya disamping sebuah gubuk, dan Brad dengan pandangan heran menatap saya dari samping. “Mary, apa yang sebenarnya terjadi?” “Oh, Brad, kau pasti akan membenciku setelah saya menceritakan hal yang telah saya lakukan dulu,” tapi aku akan menceritakannya juga dengan terisak-isak. .. Ternyata Tuhan sungguh baik kepada saya. Ia telah memberikan suami yang begitu baik dan penuh pengertian. Setelah tangis saya reda, saya keluar dari mobil diikuti oleh Brad dari belakang.

Mata saya menatap lekat pada gubuk yang terbentang dua meter dari hadapan saya. Saya mulai teringat betapa gubuk itu pernah saya tinggali beberapa bulan lamanya dan Eric… Eric… Saya meninggalkan Eric di sana 10 tahun yang lalu. Dengan perasaan sedih saya berlari menghampiri gubuk tersebut dan membuka pintu yang terbuat dari bambu itu… Gelap sekali… Tidak terlihat sesuatu apapun juga! Perlahan mata saya mulai terbiasa dengan kegelapan dalam ruangan kecil itu. Namun saya tidak menemukan siapapun juga di dalamnya. Hanya ada sepotong kain butut tergeletak di lantai tanah. Saya mengambil seraya mengamatinya dengan seksama… Mata mulai berkaca-kaca, saya mengenali potongan kain tersebut sebagai bekas baju butut yang dulu dikenakan Eric sehari-harinya. ..

Beberapa saat kemudian, dengan perasaan yang sulit dilukiskan, sayapun keluar dari ruangan itu… Air mata saya mengalir dengan deras. Saat itu saya hanya diam saja. Sesaat kemudian saya dan Brad mulai menaiki mobil untuk meninggalkan tempat tersebut. Namun, saya melihat seseorang di belakang mobil kami. Saya sempat kaget sebab suasana saat itu gelap sekali. Kemudian terlihatlah wajah orang itu yang demikian kotor. Ternyata ia seorang wanita tua. Kembali saya tersentak kaget manakala ia tiba-tiba menegur saya dengan suaranya yang parau, “Heii…! Siapa kamu?! Mau apa kau kemari?!” Dengan memberanikan diri, sayapun bertanya, “Ibu, apa ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sini?”

Ia menjawab, “Kalau kamu ibunya, kamu sungguh perempuan terkutuk!! Tahukah kamu, 10 tahun yang lalu sejak kamu meninggalkannya di sini, Eric terus menunggu ibunya dan memanggil, ‘Mommy…, mommy!’ Karena tidak tega, saya terkadang memberinya makan dan mengajaknya tinggal bersama saya. Walaupun saya orang miskin dan hanya bekerja sebagai pemulung sampah, namun saya tidak akan meninggalkan anak saya seperti itu! Tiga bulan yang lalu Eric meninggalkan secarik kertas ini. Ia belajar menulis setiap hari selama bertahun-tahun hanya untuk menulis ini untukmu…” Sayapun membaca tulisan di kertas itu… “Mommy, mengapa Mommy tidak pernah kembali lagi…? Mommy marah sama Eric, ya? Mom, biarlah Eric yang pergi saja, tapi Mommy harus berjanji kalau Mommy tidak akan marah lagi sama Eric. Bye, Mom…”

Saya menjerit histeris membaca surat itu. “Bu, tolong katakan…Katakan di mana ia sekarang? Saya berjanji akan meyayanginya sekarang! Saya tidak akan meninggalkannya lagi, Bu! Tolong katakan…!! !” Brad memeluk tubuh saya yang bergetar keras.

“Nyonya, semua sudah terlambat (dengan nada lembut). Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Ia meninggal di belakang gubuk ini. Tubuhnya sangat kurus, ia sangat lemah. Hanya demi menunggumu ia rela bertahan di belakang gubuk ini tanpa ia berani masuk ke dalamnya. Ia takut apabila Mommy-nya datang, Mommy-nya akan pergi lagi bila melihatnya ada di dalam sana … Ia hanya berharap dapat melihat Mommy-nya dari belakang gubuk ini… Meskipun hujan deras, dengan kondisinya yang lemah ia terus bersikeras menunggu Nyonya di sana . Nyonya, dosa anda tidak terampuni!”

Saya kemudian pingsan dan tidak ingat apa-apa lagi.

gmna menurut tmen2..??klo aku sendiri pas baca ini lngsung mewek(kgak kuat gan)ngebayangin Eric waktu keujanan nungguin ibunya..huwaa..huwaa hhh

(sumber diambil dari Kaskus)

Tambahan satu lgi kata “Maaf”

Setelah kemarin sempat posting tentang kata “Tolong dan Terimakasih” ternyata banyak yg berkomentar bahwa ada satu lgi kata sakti yang kurang yaitu kata “Maaf”.Kata yang satu ini walopun hanya 4huruf namun punya andil besar dalam kehidupan sehari-hari.Coba kita bayangkan seandainya tidak ada orang yang minta maaf setelah melakukan kesalahan pastilah akan banyak orang yang akan menaruh dendam.Walopun memang untuk meminta maaf tdk hanya sekedar berkata-kata,namun juga harus diperlihatkan dengan tindakan yang tulus ingin menebus kesalahan.Meminta maaf maupun memberi maaf kadang memang tidak semudah pengucapannya saja,kadang kita merasa berat hati untuk melakukanya.

Meminta maaf yaitu ketika suatu waktu kita melakukan suatu kesalahan baik itu kita sengaja maupun tidak,bahkan baik kesalahan kecil maupun salah yang besar,kita berusaha untuk meminta maaf pd orang yang telah kita sakiti.Kadang untuk meminta maaf itu kita sering berfikir terlebih dulu,karena alasan tidak mau kalahlah,atau jaimlah,atau takut disangka lemah,ataupun kita juga sering berfikir kalau2 orang yang kita mintai maaf tidak mau memaafkan kita.Itu fikiran yang sering menghambat kita untuk sesegera mungkin meminta maaf.Bahkan mungkin,kita malah membiarkan masalah menjadi berlarut-larut dulu baru meminta maaf,padahal seharusnya jika kita menyelesaikan secepat mungkin dan menyadari bahka kita memang bersalah maka masalahpun akan cepat terselesaikan.Aku pribadi jika memang berbuat salah pada orang sesegera mungkin minta maaf,agar masalah pun cpt berlalu,di agamapun juga diajarkan jika kita marah tidak boleh lebih dari 3 hari segeralah meminta maaf dan saling memaafkan.

Memberi maaf tidak semudah untuk meminta maaf setidaknya itu menurutku.Dan memang untuk memberi maaf itu jauh lebih berat apalagi jika kesalahan yang dilakukan memang fatal atau benar-benar menyakiti kita,bahkan kadang butuh waktu untuk memberi maaf pada seseorang.Karena untuk memberi maaf bukan hanya kita menerima permintaan maaf melalui ucapan,namun kita juga harus bisa memaafkan dalam tindakan kita.Misal ada 2 orang sahabat namun terjadi kesalahpahaman dan menjadi pertengkaran bahkan sampai tidak mau menyapa satu sama lain,lalu salah satunya minta maaf.Maka jika kita memang benar-benar memberi maaf harus ikhlas dan kita harus wujudkan dalam segi tindakan yaitu kita sudah mau berteman lagi atau bersikap biasa seperti sedia kala sebelum ada kesalahpahaman.Jujur untuk aku sendiri kadang masih susah jika harus memaafkan dalam detik itu juga jika memang kesalahan yg dilakukan cukup fatal,bukan karena apa2 cuman karena mungkin masih agak marah jdi masih agak susah untuk memaafkan.Bisa memberi maaf tpi mungkin untuk kembali seperti semula harus butuh waktu dulu,hehe..(malah curcol).

Intinya memang kata “Maaf” sangat berpengaruh dalam kehidupan,sebaiknya jika memang kita berbuat salah,segeralah minta maaf,dan jika ada orang lain yang membuat kesalahan sebaiknya juga kita memberi maaf dengan tulus ikhlas.Karena kita semua bersodara hhh