Musik Klasik dan Manfaatnya

Udah beberapa hari ini ga tau knapa jdi kerajingan banget dengerin musik2 klasik dan musik instrumental gitu.Pdahal niat awal cuma mau nyari musik yang mendayu-dayu yg enak buat tidurhhh hehe..

Eee…pas dengerin awal emang agak gimana gitu(dibaca: asing),tpi lama-kelamaan mlah jadi ketagihan.Tiap kali dengerin musik2 clasic atau instrumen rasanya jdi tenang,gmpang konsentrasi trus hati jdi damai banget(lebay =mode on)hee..

Selain itu dengerin musik clasik dan instrumen itu berpengaruh sama otak lho,tdi sengaja searcing di mbah google trnyata memang banyak banget manfaatnya.Ini beberapa manfaat plus yang bisa kita dpet :

  • Siegel,1999 mengatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yg menenangkan yang dapat merangsang sistem limbik jaringan neuron otak.
  • Campbell 2001 dalam bukunya efek Mozart mengatakan musik romantik (Schubert, Schuman, Chopin, dan Tchaikovsky) dapat digunakan untuk meningkatkan kasih sayang dan simpati.Selain itu musik Barok (Bach, Handel dan Vivaldi) dapat menciptakan suasana yang merangsang pikiran dalam belajar.Musik klasik (Haydn dan Mozart) mampu memperbaiki konsentrasi ingatan dan persepsi spasial.
  • Musik klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur.Sewaktu mendengarkan musik klasik, dapat diamati ekspresi wajahnya yang tidak lagi terlihat menderita serta detak jantungnya berjalan normal.
  • Periset Universitas Stanford – A.S. dan Universitas McGill di Kanada di dalam majalah β€œShen Jing Yuan” mengeluarkan artikel yang menyebutkan bahwa musik bisa mempengaruhi dan merubah level keharuan dan antipati seseorang,bahkan bisa mempengaruhi level orang-orang dalam memfokuskan energi.
  • Sebuah penelitian di universitas di Inggris menunjukkan,musik bisa mempengaruhi kegemaran orang akan makanan, jikalau di ruang makan diputarkan musik klasik, pelanggan bisa membeli lebih banyak, jikalau diputarkan musik pop atau tanpa musik, maka konsumsi pelanggan jelas menjadi berkurang.
  • Percobaan dari 2 orang profesor Universitas California membuktikan, mendengarkan selama 10 menit soata Mozart, bisa berefek menumbuhkan IQ. Mereke menunjukan, musik klasik bisa meningkatkan Spiritual Quotient.  

    Ada ilmuwan yang menganalisa, efek Mozart berawal dari melodi dalam musik Mozart yang sesuai dengan model pergerakan otak manusia.

  • Dari berbagai penelitian ditemukan, syaraf penerus musik dan syaraf penerus rasa sakit adalah sama, para dokter dengan demikian menggunakan musik untuk mengurangi derita wanita yang sedang melahirkan; klinik gigi menggunakannya untuk menenangkan pasien; selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan sebagian gejala penyakit kanker dan efek sampingan dari terapi kanker.
  • Penelitian menemukan, pada masa jabang bayi mendengarkan musik dari Mozart dan Bach, bisa memperluas volume otak besar, menambah kegiatan utama urat syaraf, membantu daya berimajinasi abstrak dari pertumbuhan normal anak.
  • Penelitian menunjukkan, melakukan rangsangan suara secara berkala terhadap janin, misalkan musik klasik yang ringan lembut dan bisikan perlahan orang tua dan lain lain, bisa memajukan syaraf perasa janin dan pertumbuhan lapisan kulit otak besar batang tengah perasa, meletakkan fondasi bagi pengembangan kebijaksanaan.
  • Musik klasik bisa meningkatkan produksi susu sapi,Psychiater Universitas Inggris, menemukan bahwa memperdengarkan musik klasik ringan kepada sapi perah bisa membantu meningkatkan produksi susu mereka
  • Selain itu musik klasik juga bisa mempercepat pertumbuhan tanaman,pernah dilakukan eksperimen.Ternyata faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman ialah penampilan musik klasik ialah musik yang teratur, tertib dan harmonis, setiap mahluk berjiwa dengan demikian dapat terimbas, tumbuhnya akan lebih bagus.

Kyaknya ckup segitu aja yg aku sebutin dari beberapa manfaat yg bisa kita dapetin,padahal udah bnyak yak(hehehe).Ini beberapa musisi klasik yg sering aku dengerin sperti Mozart,Bach,Bethoven,Chopin,dll,klo untuk instrumen baru Kenny-G,Enya & Kitaro.Maklum berhubung msih msih newbe alias blm terlalu menguasai jdi baru beberapa yg aku dengerin.Ini ada beberapa lagu yang aku suka“Serenade” by Mozart,,”Minuet In G Mayor” by Bach,,”Waterfall”by Enya,,”sentimental”by Kenny-G dan “Silhouette”by Kenny-G.Ohya..ada juga lho lagu instrumen dan klasik klo didengerin agak2 nyeremin cb aja dengerin“Harmoni of Forest” dan “Spirit of water”by Kitaro,dijamin malah bkin merinding(menurutku ci)hehe…Klo ad yang mau nambahin manfaat musik klasik boleh jg lho.

Iklan

27 thoughts on “Musik Klasik dan Manfaatnya

  1. sy cuman tau Kenny G. asik memang didengar, palagi kalo sendiri dan lag pengen merenung, hehe.
    tapi napa lama kelamaan jadi bikin ngantuk yak? πŸ˜€

  2. saya hanya punya 1 CD Bethoven je, tapi emang ampuh tuh musik klasik.

    Salam hangat dari Plesiran, media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikel akan mendapatkan tali asih berupa buku yang menarik dan bermanfaat jika artikelnya di post di Plesiran.
    Silahkan bergabung di Plesiran dan rasakan sensasinya.

  3. Ping-balik: Download Musik Instrumen - Download Musik Instrumen - Download Musik Instrumen - Download Musik Instrumen | Asuhan Keperawatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s